Kamis, 22 Maret 2018

,

Bapak Penjual Koran


Siang ini saya ke Progo, salah satu toko perbelanjaan yang cukup besar dan terkenal di Jogja. Bukan untuk belanja sih. Tapi aku ada janji ketemuan sama sodara di sini, kebetulan sodara mau belanja dan saya ngikut. Saya datang duluan ke Progo, sementara sodara masih di toko lain beli keperluan yang entah apa itu aku nggak tahu.
Btw, di perjalanan ke Progo, saya melihat ada tukang jualan cilok di pinggir jalan dan tiba-tiba aja saya jadi pengen beli. Jadilah saya beli cilok, yang kemudian langsung dimakan di pinggir jalan raya sambil duduk di atas motor. Asyik juga ternyata. Hahaha. Jangan dibayangin saya kayak orang ilang, karna tidak terlihat seperti itu. Saya sebenernya juga agak heran kenapa nekat banget makan cilok di pinggir jalan, duduk di atas motor. Salah ga sih menurut temen-temen? Hmm...
Ok balik lagi ke Progo. Jadi setelah makan cilok kan saya kepedesan tuh. Mau minum tapi ga bawa minum. Maka terpikirlah untuk beli es teh. Segeerr banget ngebayanginnya. Mana panas-panas gini kan tengah hari. Dan akhirnya, bener aja sampai progo saya beli es teh. Eh teh susu lebih tepatnya. Milk tea. Mafavorit!♡

Teruuus, saya duduk tuh di kursi foodcourt-nya Progo. Sambil tengak-tengok ke arah pintu masuk dekat parkiran motor, sapa tau sodara udah keliatan. Eh, tapi malah ga sengaja lihat seorang bapak yang udah tua, mungkin usianya sekitar 50an ke atas, lagi megang koran dan berdiri di depan pintu masuk foodcourt.

Cesss... hati ini langsung gimanaa gitu. Milk tea yang tadinya seger dan enak banget, walapun tetep enak tapi rasanya nggak seger. Gimana tuh? Yagituuu. Terus minumnya jadi sambil mikir.
Betapa saya kudu bersyukur lebih dan lebih.
Yang ada di pikiran saya saat itu juga adalah... YaaAllaah, pengen banget beli es teh lagi terus dikasihin ke Bapak itu. Tapi kemudian saya mikir lagi, kira-kira gimana nanti reaksi Bapak itu kalau tiba-tiba saya datang ngasih es teh. Bukan gimana-gimana sih, saya malah seneng banget kalau bisa ngasih es teh ke si Bapak dan sama-sama ngerasain segernya es teh di siang bolong nan terik begini. Tapiiii... kemudian lagi-lagi saya mikir, gimana nanti kalau si Bapak malah tersinggung karna dikiranya saya "merasa kasihan" dengan si Bapak. Karna jujur, siapa sih yang "suka" dikasihani? Walaupun maksudnya bukan begituu, lebih ke empati. Seakan-akan melihat Bapak itu tuh ngerasain jugaa gimana kalau saya jadi Beliau. Seneng juga sih siang terik gini ada yang ngasih es teh, tapi kan.....
Hngggggg, perdebatan batin yang rumit.

Sekian detik memandang si Bapak, kemudian saya menunduk. Meletakkan milktea yang mulai terasa kemanisan ini (astgfirullaah..syukur2 masi mampu beli), terus saya langsung nulis post ini.
Beberapa detik memandang ke Bapak Penjual Koran tadi bikin saya jadi mikir (lagi). Berdebat dengan pikiran sendiri.
Betapa beruntungnya saya.
Pengen jajan cilok, langsung beli aja ke penjualnya, "Mas beli cilok 4rb aja." Ga mikir panjang, karna ada uang jajan.
Terus..
Kepedesen abis makan cilok, haus, pengen beli es teh, langsung beli juga ke penjualnya, "Mbak beli es teh 1." Milktea lg kan. Lagi-lagi karna ada uang jajan. Dari siapa? Orang tua:"

Selaluuu kayak gitu. Tiap pengen makan apa, langsung beli. Bisa beli karna dikasih uang saku sama Bapak-Ibu. Tapi seringnya lupa dan ga mikir ulang, gimana susahnya mereka cari uang. Tiap hari kerja dapat upah sedemikian banyaknya, terus kupakai jajan macam-macam dalam sehari. Omg. Masi mending kan dibeliin makanan, lah kadang saya beli benda luculucu yang sebenernya belum/bahkan nggak terlalu butuh. Hks. Sedih ga sih?
That's why now I choose to think twice if I wanna buy something that I don't really need but I like. Yaps. Kadang saya tuh pengen beli sesuatu yang bagus keliatannya, terus kepengen, tapi sebenernya nggak butuh-butuh banget. Karna suka ajaa gitu. Just because I really want to own that! YaaAllaah. Ga ptg bgt kn? Dan mungkin ini salah satu bentuk kesiasiaan/berlebih-lebihan. Rrgh :((

Kembali lagi ke si Bapak penjual koran. Setelah perdebatan batin yang cukup menguras waktu, akhirnya saya putuskan untuk berdiri dan beli es teh buat si Bapak. Tetapi, kemudian...

MUNCULLAH SODARA SAYAAAAHH, sodarasodaraah. Dan...semua keinginan buat beli es teh itu gagal setelah mereka melihat keberadaan saya dan mengira kalau saya ini nyamperin mereka. Hm. Yasudahlah mau bgmn lg. Wkwk. Mungkin belum rejeki saya bisa ngasih es teh ke si Bapak. Akhirnya, saya pun langsung bergabung dengan my sodara dan petualangan berbelanja kami pun dimulai. Tapi yang ini ga usah diceritain. Rempong cyin nemenin ibuibu belanja~

Gitu yaa... Mereka, yang senasib dengan Bapak penjual koran ini, seharusnya bisa jadi pelajaran buat kita. Di usianya yang udah senja, masih aja mau usaha buat cari uang. Konsisten. Walaupun mungkin karna memang hanya itu yang bisa diusahakan. Tapi halal kan?
Pasti mau makan atau sekedar beli es teh pun mereka bakal mikir, gimana nanti uang yang dibawa pulang ke rumah -ada atau enggak.

Sedihnya adalah, kalau lihat kayak gitu tuh kadang merasa kasihan. Tapi abis itu terus senengseneng dan lupa. Besoknya lihat kayak gitu kasihan lagi, tapi senengseneng lagi. I mean senengseneng disini adalah hurahura. Huft. Ya gimana kan. (Saya juga masih seperti itu sii:( tapi semoga bisa terus belajar jadi lebih baik lagi. Aamiin untuk kita semuaa).

Saya yakin, mereka pasti nggak suka dikasihani. Jadi, yuk sama-sama hargai mereka. Bisa kali beli korannya satu, meskipun kadang ga terlalu butuh (lah gimanasih? Yg ini bedaaa, kan buat ngebantuu). Kalau kita baca beritanya, itu juga jadi manfaat kan buat kita?
Dibandingkan beli barangbarang "yang lebih mahal dari harga koran" tapi nggak dibutuhkan?

Aku nulis kayak gini because this is what I feel gaeess... This is what I (always) think. Selalu ada perdebatan dalam diri yang kadang gabisa dikontrol karna ya gitu, gatau kenapa. Dan saya pikir pasti kalian juga pernah kayak gitu.

Terakhir, jangan kebanyakan kasihan sama orang. Kebanyakan kasihan bisa bikin kebal/biasa kalau ngelihat hal yang sama kayk gitu. Kasihan sama dengan simpati. Jadi cobalah buat ber-empati, bukan hanya simpati. Do something for them, to help them, although it's just a little thing. But maybe it will help them so much. Belajar dari Bapak Penjual Koran...
Share:

0 komentar:

Posting Komentar