Senin, 02 Desember 2019

, ,

Apa Kabar?

Apa kabar dunia? Lama rasanya tidak berbagi cerita.

Kabarku, baik-baik saja. Masih sering dipenuhi ragu dan ketidakperacyaan diri, namun di sisi lain ingin banyak mencoba hal baru. Banyak tantangan yang harus diterima dan hanya bisa dijawab "Siap!", masalah bisa atau tidaknya, biarlah hasil pemikiran nanti yang menjawabnya. Satu lagi, kini semuanya seperti diburu waktu.

Ada banyak hal baru yang didapat selama di sini. Terutama, semakin sadarnya diri ini bahwa ternyata, siapapun bisa jadi "bukan siapa-siapa" di tempat baru. Sampai bisa memberikan sesuatu yang berarti di mata orang-orang baru, yang mungkin juga pernah merasa sama.

Jadi ingat kata Bapak, "Pergi ke tempat yang baru adalah belajar untuk menyadari bahwa kita bukanlah siapa-siapa. Bahkan jabatan setinggi apapun yang kamu punya, orang tidak akan peduli dan memperlakukanmu sama."

Dan yang sampai sekarang kupelajari adalah "Tetap jadi tangguh dan jangan pernah berharap diperlakukan berbeda -oleh manusia."

Dunia kerja, adalah dunia baru yang saat ini sedang kutempuh. Mungkin belum sepenuhnya aku ada di dunia itu, tapi berada di lingkungan ini membuatku sadar, bahwa hidup ini sudah diatur sedemikian rupa sehingga tiap orang punya peran dan porsinya masing-masing. Dan keduanya, kita sendiri yang menentukan.

Dulu, waktu masih sekolah, sering kali berfikir "Andaikan semua orang adalah sama, tidak ada yang susah, pasti semua bahagia". Nyatanya? Tidak semudah itu.

Seiring berjalannya waktu, aku kembali berpikir bahwa "bahagia itu tidak pernah ada batasnya". Dan kini, aku memutuskan untuk tidak membatasi arti bahagia. Karena bisa jadi, mereka yang kuanggap (maaf) "kesusahan" pun memiliki kebahagiaannya sendiri. Bukan hanya dari segi materi, tapi banyak hal-hal lain yang bisa jadi sumber bahagia. Bisa kumpul dengan keluarga, diberi rezeki yang cukup, bahkan untuk masih tetap bisa bernafas dan terus berusaha menjalani hidup pun -bisa jadi definisi bahagia. Tergantung bagaimana kita bersyukur, dan memaknai bahagia versi kita masing-masing.

:)
Jadi, apa kabar hari ini? Bahagia seperti apa yang sedang kamu rasakan? Sudah mensyukurinya?
Share:

0 komentar:

Posting Komentar